SISTIM PENDINGIN PADA KENDARAAN
·
Tutup radiator memiliki dua fungsi, fungsi yang pertama adalah untuk
menaikkan titik didih air pendingin dengan jalan menahan ekspansi air pada saat
air menjadi panas sehingga tekanan air menjadi lebih tinggi dari tekanan udara
luar, sedangkan fungsi yang kedua adalah untuk mempertahankan air pendingin di
dalam sistem agar tetap penuh walaupun mesin dalam keadaan dingin atau panas.
Untuk mewujudkan fungsi tersebut, maka pada tutup radiator dilengkapi dengan
relief valve dan vacuum valve.
·
Thermostat: Thermostat berfungsi untuk mempercepat tercapainya suhu
kerja mesin pada saat mesin masih dingin dan juga berfungsi untuk
mempertahankan mesin selalu pada suhu kerjanya (antara 80-90 derajat celcius).
Thermostat biasanya dipasang antara radiator dan sirkuit pendingin (silinder
block dan silinder heat). Thermostat bekerja seperti katup otomatis yang
bekerja berdasarkan panas, dimana pada waktu dingin katup akan menutup dan pada
waktu panas katup akan membuka,
·
Kipas pendingin: Radiator didinginkan oleh aliran
udara luar yang mengalir melewati sirip-siripnya. Pada saat kendaraan berhenti
aliran udara tidak akan cukkup untuk mendinginkan radiator. Untuk mengatasi hal
ini maka dibelakang radiator dipasang kipas pendingin untuk membantu agar
aliran udara selalu cukup untuk mendinginkan radiator. Ada 2 jenis kipas yang
sering digunakan pada kendaraan yaitu kipas yang digerakan oleh motor listrik
dan kipas manual yang digerakan oleh poros engkol mesin itu sendiri melalui
talli kipas/V-belt.
·
Tangki Cadangan : Reservoir Tank atau tangki cadangan dihubungkan ke radiator
melaui selang overflow. Reservoir Tank ini berfungsi untuk menjaga agar volume
air pendingin selalu stabil.
·
Pompa Air (Water Pump): Berfungsi untuk mensirkulasikan air pendingin dengan jalan
membuat perbedaan tekanan antara saluran hisap dengan saluran tekan yang
terdapat pada pompa. Pompa yang digunakan umumnya adalah type sentrifugal.
Pompa ini digerakan oleh poros engkel melalui tali kipas atau v-belt
·
Selang radiator : berfungsi sebagai penghubung antara radiator dan blok
mesin. Ada dua slang di radiator, Upper
hose berfungsi mengalirkan air panas dari mesin ke radiator. Sedangkan lower hose
untuk menyalurkan air yang sudah didinginkan kembali ke mesin.
· Water jacket : Berfungsi sebagai saluran-saluran
tempat air mengalir di blok mesin ini dinamakan water jacket.
Comments
Post a Comment